Jumat, 09 November 2012

perhitungan Finite Element Method (FEM) via excel

No.
Langkah Umum
Rincian Langkah
Keterangan
1.
Pre-prosesor
Analisa masalah



Perhitungan eksak

a
Mengakses software
Membuka program microsof excel
Mengklik / membuka aplikasi program Microsof Excel untuk memulai.

b
Menggunakan software
Menginput data

Memasukkan nilai-nilai sudut, panjang batang, nilai A, modulus young (E) dan sudut dalam radian dengan menggunakan rumus “=radians(number)”. Juga nilai C = (AE/L)


Membuat matriks-matriks T


Membuat matriks-matriks T dari kedua batang dan 1 pegas dalam sistem. Dengan inputan batang 1; tetha 1, batang 2; tetha 2, dan pegas dengan tetha 3. Tetha disini yang sudah dalam format radian.


Mentranspose matriks T menjadi T’
         
Mentranspose setiap matrik matrik T dari ketiga batang dengan menggunakan rumus “=transpose(array)” yaitu blok baris dan kolom matrik T yg telah dibuat
Lalu blok lagi baris dan kolom dgn jumah yang sama di matrik transpose, kemudian klik rumusnya dan tekan CTRL+SHIFT+ENTER. Kemudian ganti format cell nya dari format general/standart dengan kategori number untuk hasil dengan format angka (tidak dengan eksponen)


Menginput nilai matriks k’
Memasukkan nilai matriks k’ untuk batang 1 dan batang 2 dengan nilai 1, dan untuk pegas dengan nilai k=2e+6 N


Membuat matriks lanjutannya
Membuat matriks T’.k’ lalu membuat matriks T’.k’.T dengan bertahap, yaitu membuat yang T’.k’ terlebih dahulu dengan menggunakan rumus “=mmult(array1;array2)” sama dengan langkah sebelumnya untuk array, blok daerah matriks-matriks T’ dan k’ dengan dipisahkan dengan tanda ( ; ) untuk yang menggunakan bahasa indonesia, dan tanda ( , ) untuk yang menggunakan bahasa inggris.


Membuat matriks k
Membuat matriks k untuk setiap batang dengan mengalikan matriks T’.k’.T dengan nilai C yang telah dihitung sebelumnya untuk setiap batangnya.


Membuat global matriks
Membuat matriks global dari ketiga batang yang telah dihitung nilai k nya. Lalu dengan menjumlahkan setiap koordinat yang sama. Misal menjumlahka setiap nilai dengan koordinat u1u1. Hingga matriks terbentuk dengan dimensi 8x8


Membuat matriks yang sudah di reduce. Lalu menginverse nya. Kemudian dikalikan dengan matriks gaya yang di berikan. Dengan rumus “=mmult(array1;array2)”. Sama dengan penjelasan sebelumnya. Maka, didapatkan hasil displacement dari noda 1 ke arah x adalah sebesar 0.0017m dan ke arah y sebesar 0.0034m




Tidak ada komentar:

Posting Komentar