Jumat, 07 September 2012

Finite Element Method (Introuction)

Finite Element ? Makhluk apaan sih itu??

Finite Element Method, adalah sebuah metode analisis sistem mekanikal struktur dari material dengan menggunakan algoritma numerik untuk menganalisa momen - momen gaya pada model dari suatu sistem kerja / struktur yang telah di modelkan menjadi sebuah gambar CAD (Computer Aid Drawing). Sebenarnya, banyak sekali fenomena - fenomena fisika yang terjadi pada sebuah struktur mekanikal yang dapat dimodelkan dengan persamaan - persamaan diferensial parsial. Namun begitu banyak fenomena yang tidak dapat diselesaikan dengan metode analitikal, yaitu dengan penyelesaian persamaan dieferensial parsial. Dengan FEM kita dapat memperkirakan hasil dari persamaan - persamaan partial differentiatial dengan metode numerik, dengan bantuan software, perangkat komputer.

Dalam praktiknya Finite Element terdiri dari 3 langkah kerja, yaitu :
  1. Preproccesing
  2. Analysis
  3. Postproccesing
Preproccesing adalah langkah dimana pengguna metode ini memangun sebuah konstruksi material dengan komputer (CAD) dimana bagian - bagian dari konstruksi yang akan di analisis menggunakan metode ini di sebut "element" dan terhubung dengan titik - titik tertentu ("nodes").


Analysis adalah dimana prosesor mengkoding data-data input dengan algoritm numerik untuk mencari penyelesaian dari PDE (Partial Differential Equation) dari model dimana FEM akan membuat dan menyelesaikan persamaan aljabar linear dan nonlinear.

Postproccesing adalah langkah dimana FEM menampilkan nilai-nilai hasil analisanya melalui visualisasi grafik, yang biasa direpresentatifkan melaui gradien warna dimana setiap warna memiliki nilai-nilai tertentu



...... (writing)


Referensi :
  1. Artikel "Finite Element Analysis" oleh : David Roylance, Department of Materials Science and Engineering. Massachusetts Institute of Technology. Cambridge, MA 02139. February 28, 2001
  2. File Presentasi "Finite Element Method". oleh : Georges CAILLETAUD & Saber EL AREM 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar